Di era digital seperti sekarang ini, segala hal dapat dilakukan serba online salah satunya dalam hal melamar kerja dengan menggunakan email. Tak seperti dahulu, mencari pekerjaan pun prosesnya sekarang lebih praktis dan efektif dengan digitalisasi. Lowongan kerja berbagai posisi dapat dengan mudah kamu ketahui dengan mencari kata kunci "lowongan pekerjaan" Di search engine seperti google, yahoo, bing, dan lain-lain.
Sebagian besar surat lamaran secara online yang dikirim melalui email dinilai lebih efektif dan mudah diterima bahkan tak jarang beberapa perusahaan lebih memprioritaskan memanggil pelamar dengan surat lamaran yang dikirim melalui email.
Jadi, selain mempersiapkan CV dan portofolio yang baik, sebagai pelamar kerja di era modern kamu juga harus mempersiapkan dengan baik terkait tata cara melamar kerja melalui email.
Untuk menunjukan keseriusan kamu dalam melamar kerja yang akan dinilai oleh HRD, hendaknya menuliskan nama divisi untuk siapa surat ditujukan atau bila perlu menyebutkan langsung nama recruiter beserta jabatannya. Contohnya seperti, "Kepada, yang terhormat Bapak Adinata, Senior Recruiter, PT.xxx"
Penulisan badan email hendaknya ditulis lebih singkat tapi memiliki informasi yang lengkap, karena fokus utama HRD yaitu CV dan Portofolio kamu.
Hal yang perlu diperhatikan pula dalan penulisan badan email surat lamaran adalah penggunaan tata bahasa yang baku dan formal serta perkenalan diri yang jujur sesuai dengan keahlian kamu.
Lampiran umumnya berisikan dokumen dokumen utama seperti CV, Ijazah, maupun beberapa dokumen penunjang seperti beberapa sertifikat pelatihan ataupun penghargaan yang akan menjadi nilai tambah kamu sehingga memperbesar kemungkinan kamu diterima kerja.
0 komentar:
Posting Komentar